Contoh sebuah seserahan pengantin.  Photo Credit : qeenasqeena.wordpress.com

Contoh sebuah seserahan pengantin.
Photo Credit : qeenasqeena.wordpress.com

 

Seserahan? Kata ini tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Seserahan hukumnya wajib ada dalam sebuah prosesi pernikahan. Bagi kamu yang masih belum tahu apa itu seserahan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Seserahan adalah upacara penyerahan sesuatu sebagai tanda ikatan untuk kedua calon pengantin.

Dalam adat jawa, seserahan disebut juga dengan peningsetan. Kata peningsetan berasal dari kata dasar singset yang berarti mengikat atau tanda ikatan hati antara kedua keluarga untuk bersatu dalam sebuah hubungan pernikahan. Seserahan (dalam adat jawa) disimbolkan sebagai tanda kesanggupan calon pengantin pria untuk bertanggung jawab menafkahi lahir dan batin calon pengantin wanita.

Berbeda dengan adat Sunda, seserahan dalam adat sunda adalah upacara pranikah yang menjadi kelanjutan dari prosesi lamaran. Dalam adat Sunda, seserahan berarti menyerahkan calon pengantin pria untuk masuk menjadi anggota keluarga claon pengantin wanita.

Sementara itu, seserahan atau sangjit dalam adat Tionghoa adalah kelanjutan dari proses lamaran berupa persembahan atau hantaran pernikahan yang berupa barang dari calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita. Ada satu hal yang menarik dalam prosesi seserahan ini, yaitu makna yang terkandung dari cara keluarga calon pengantin wanita menerima seserahan yang diberikan oleh keluarga dari calon pengantin pria. Jika keluarga dari calon pengantin wanita menerima seluruh seserahan yang diberikan, tandanya berarti keluarga calon pengantin wanita menyerahkan calon pengantin wanita kepada calon pengantin pria sepenuhnya dan tidak akan ikut campur tangan lagi dalam rumah tangga di kemudian hari. Namun apabila keluarga dari calon pengantin wanita mengembalikan sebagian seserahan yang diberikan, tandanya berarti keluarga calon pengantin wanita masih berhak ikut campur tangan dalam urusan rumah tangga pengantin di kemudian hari.

Begitulah penjelasannya apa itu seserahan dan kenapa seserahan menjadi sangat penting dalam prosesi pernikahan. Seserahan adalah produk budaya yang sudah mendarah daging dalam masyarakat Indonesia. Produk budaya yang seyogyanya harus kita laksanakan dan pertahankan.

 

 

Artikel ini berdasarkan riset dari beberapa sumber yang diolah kembali. Beberapa sumber yang dimaksud adalah KBBI, ikawidyan dan Anneahira.

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>