Seserahan dalam sebuah acara pernikahan. Photo Credit : babymoontravelling.wordpress.com

Seserahan dalam sebuah acara pernikahan.
Photo Credit : babymoontravelling.wordpress.com

 

Seserahan adalah prosesi wajib yang harus dilaksanakan dalam rangkaian proses pernikahan. Seserahan adalah simbolisasi dari kemampuan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita bahwa sang pengantin pria sanggup menafkahi lahir dan batin sang pengantin wanita. Dalam adat jawa, seserahan diserahkan pada malam midodareni. Dalam adat sunda, seserahan diberikan saat ngeuyeuh seureuh. Namun yang sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di Indonesia, seserahan diberikan pada saat akad nikah. Dengan makna yang begitu dalam, lalu apa saja barang yang sekiranya pantas dijadikan seserahan? Berikut wemary akan memberikan daftar beberapa barang yang pantas dan biasa dijadikan seserahan.

1. Seperangkat Alat sholat

Alat sholat (bagi pasangan muslim) wajib ada dalam seserahan. Karena alat sholat adalah simbol adanya rumah tangga yang berpegang teguh pada ajaran agama.

2. Cincin nikah

Cincin nikah sebagai perlambang akan adanya cinta yang tanpat putus dan abadi selamanya. Cincin ini juga merupakan simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar bisa bersama sampai akhir hayat.

3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian

Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Yang dimaksud bersinar dan penuh harapan di sini adalah diharapkan pengantin wanita selalu bersinar di kehidupan barunya. Selain itu, pengantin wanita juga diharapkan tidak mengecewakan keluarga barunya.

4. Bahan Kebaya dan Jarik

Bahan kebaya dan kain jarik dari berbagai motif batik adalah barang yang ada dalam seserahan. Seperangkat busana ini memiliki makna bahwa setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua terhadap pihak lain.

5. Buah-buahan

Tidak semua jenis buah-buahan dapat dijadikan seserahan. Hanya beberapa buah saja yang dapat dijadikan seserahan. Contoh buah-buah yang bisa dijadikan seserahan adalah pisang. Pisang memiliki makna kasih sayang dan cinta.

6. Makanan

Makanan yang bisa dijadikan seserahan adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras. Contohnya seperti ketan seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Maknanya adalah agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket selamanya. Seperti beras ketan yang lengket setelah dimasak.

7. Peralatan makeup

Peralatan makeup yang ada dalam seserahan bermakna bahwa pengantin pria bersedia menjadi penampilan calon istri sebaik mungkin.

8. Sepatu

Sepatu biasanya juga disertakan dalam daftar barang seserahan. Sepatu bermakna sebagai pijakan agar kedua pengantin siap menjalani satu kehidupan yang baru bagi mereka. Dan diharapakan kedua mempelai diharapkan dapat selalu berada di jalan yang diharapkan dan tidak berbelok arah.

Itulah beberapa barang yang dapat dijadikan seserahan. Memang terkesan menghabiskan banyak uang hanya untuk sekedar memberikan seserahan. Maka dari itu, tidak semua barang harus ada dalam seserahan. Beberapa barang boleh tidak disertakan. Semua tergantung pada calon pengantin dan keluarga calon pengantin.

 

Artikel ini terinspirasi dari sebuah artikel di vemale.com.

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *