SELESAI

Undangan merupakan salah satu komponen persiapan pernikahan yang penting. Namun, undangan seringkali memiliki keterbatasan untuk menyampaikan hal penting secara mendetail untuk para undangan. Selain itu, kamu akan mengalami kesulitan menyebar undangan jika kamu memiliki keluarga atau banyak teman yang tinggal di luar kota.

Kamu tidak perlu khawatir. Wedding website atau website pernikahan merupakan jawaban yang tepat untuk mengatasi keterbatasan yang dimiliki oleh undangan cetak. Dengan website pernikahan, kamu bisa memasukkan detail penting acara, misalnya tema pernikahan, lokasi yang bisa langsung terintegrasi dengan Google Maps, dresscode, dan konfirmasi kehadiran (RVSP). Kamu juga bisa menggunakan desain dan nama domain yang hanya menjadi milikmu saja.

Mungkin kamu merasa bahwa membuat website pernikahan tergolong cukup sulit dan merepotkan. Kamu bisa dengan mudah menemukan banyak tutorial yang bisa membantu kamu mewujudkan website idamanmu. Jika kamu suka bereksperimen, kamu bisa membuat di platform website yang sudah terkenal, seperti WordPress, Blogger, dan Squarespace. Namun, jika kamu tidak suka ribet, kamu juga bisa menggunakan Wemary.com.

Berikut ini cara mudah membuat website pernikahan di Wemary.com:

1. Masuk ke beranda Wemary.com

Kamu bisa memulai dengan mengetik Wemary.com di kolom pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

2. Buat Sekarang

Setelah masuk ke beranda Wemary.com, kamu akan menemukan pilihan menu BUAT SEKARANG di pojok kanan atas beranda Wemary.com. Klik menu tersebut.

2- Buat Sekarang

3. Mulai Mendaftar

Setelah itu, akan keluar daftar informasi yang harus diisi untuk keperluan pembuatan akun.

4

Perhatian paling utama adalah USERNAME. USERNAME akan digunakan sebagai nama domain dari website pernikahan yang kamu buat. Misalnya nama kamu adalah Willy dan pasanganmu adalah Merry, kalian bisa menggunakan nama wimerry. Maka, domain yang akan kamu miliki adalah wemary.com/wimerry.

Kamu juga bisa menggunakan alternatif nama lainnya sesuai keinginanmu. Usahakan pendek dan mudah diingat, seperti hashtag, sehingga mudah untuk dibagikan.

Setelah itu, kamu bisa mengisi informasi email dan password. Jangan lupa untuk mengisi kotak persetujuan layanan. Selanjutnya, klik kotak dialog BUAT SEKARANG yang terletak di bawah detail informasi yang sudah terisi.

4. Masuk ke Dashboard

Kamu akan masuk ke Dashboard, di mana kamu bisa memantau informasi jumlah orang yang sudah melihat (viewers), konfirmasi kehadiran (RSVP), dan memberikan ucapan (wishes).

6- Dashboard

Jika kamu ingin langsung mengedit tampilan, langsung saja geser kursor ke menu edit di pojok kanan atas Dashboard. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan untuk mengubah layout, warna, dan isi dari website.

7- Edit

5. Change Layout

Pada bagian Change Layout, kamu bisa memilih beberapa contoh tampilan yang sudah ada. Pilih salah satu tampilan yang paling sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu sudah menentukan, jangan lupa klik kotak dialog SIMPAN yang terletak di bawah pilihan tampilan.

10

6. Change Color

Pada bagian Change Color, kamu bisa memilih warna favoritmu atau warna yang menjadi tema pernikahan kamu. Jika kamu sudah memilih warna yang tepat, kamu bisa klik kotak SIMPAN yang terletak di bawah pilihan warna.

12

7. Edit Content

Pada bagian Edit Content, kamu akan masuk ke beranda website pernikahan rancanganmu. Kamu langsung bisa mengedit informasi di dalam website.

Header 
13

Bagian ini akan menjadi tampilan awal website pernikahannmu.  Untuk mengeditnya pertama, kamu perlu memasukkan nama pengantin. Caranya, klik EDIT yang terletak di pojok kanan atas kemudian isi nama pengantin pria dan wanita.

Setelah itu, kamu juga bisa mengedit tampilan menggunakan foto milik kamu sendiri. Pilih foto yang menjadi favoritmu. Perhatikan bahwa resolusi yang dibutuhkan adalah 1920 x 1080 pixel supaya sesuai dengan desain. Selanjutnya, klik kotak dialog SIMPAN yang terletak di bawah informasi yang sudah diisi.

Profil Pengantin

Setelah itu, kamu akan memasuki bagian informasi nama dan foto masing-masing pengantin. Kamu bisa langsung mengedit bagian ini.

15

Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan deskripsi di bagian biodata secara singkat. Silakan masukkan foto sesuai ukuran yang diminta.

16

Wedding Day

Setelah itu, kamu akan masuk ke bagian informasi paling penting yakni tempat, tanggal, dan waktu pernikahan dan resepsi. Klik EDIT yang terletak di pojok paling kanan atas. Silakan isi sesuai detail yang sudah kamu rencanakan.

Setelah itu, klik SIMPAN yang terletak di bawah detail informasi yang sudah diisi. Fitur penghitung waktu mundur (countdown) yang ada di header awal akan otomatis aktif setelah bagian ini selesai disimpan.

17

Story

Pada bagian story, kamu bisa mengisi detail hubungan yang ingin kamu bagikan kepada para undangan. Misalnya cerita saat kalian pertama kali bertemu hingga proses menuju pernikahan. Silakan klik kotak dialog ADD yang terletak di pojok kanan atas.

19

Kamu bisa menambahkan cerita sebanyak yang kamu mau. Saran tambahan, kamu sebaiknya mengetik di tempat lain terlebih dahulu supaya tidak terburu-buru dan lebih rileks.

20

Photo Gallery

Pada bagian ini, kamu bisa memasukkan foto-foto favorit kamu. Bisa jadi foto sejak kalian pertama bersama atau saat prewedding. Langsuk klik EDIT di pojok kanan atas untuk menambahkan foto kamu.

21

RSVP

Bagian ini tersedia khusus untuk penerima undangan via website yang kamu bagikan nanti. Kamu bisa mengeceknya nanti di Dashboard.

22

 Wishes

Bagian ini juga tersedia khusus untuk penerima undangan via website yang kamu bagikan nanti. Kamu bisa mengeceknya nanti di Dashboard.

23

Instagram Photos

Pada bagian ini kamu bisa memasukkan nama hashtag yang kamu pilih supaya setiap foto Instagram yang memakai hashtag tersebut dapat terdokumentasi di website pernikahan kamu.

Klik Edit di pojok kanan atas untuk memasukkan hashtag yang kamu pilih, kemudian klik Kirim.

24

Quote

Di bagian paling bawah terdapat space kosong yang bisa kamu manfaatkan untuk menaruh quote favoritmu. Silakan klik EDIT di pojok kanan atas untuk memasukkan quote favoritmu dan klik Kirim.

26

SELAMAT!

Website pernikahanmu sudah siap untuk dibagikan! Kamu bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Whatsapp, dan Line secara langsung. Mudah bukan?

Jika kamu ingin melihat contoh selengkapnya, kamu bisa membukanya di sini.

SELESAI

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>