download

Sakinah, mawadah, wa rahmah begitu familiar di telinga masyarkat Indonesia terlebih ketika musim nikahan datang. Wajar memang karena kata-kata tersebut merupakan rangkaian doa yang ditujukan untuk pasangan pengantin. Bahkan saking mainstream nya, doa tersebut sampe punya akronim yang ngehits yakni “SAMARA”.

Selamat yaa.. Semoga jadi keluarga yang SAMARA”

Lalu apa arti dari Sakinah, Mawadah, wa Rahmah itu sendiri? Sudahkah Anda tau maknanya atau hanya ikut-ikutan aja?

Well, let’s get the meaning!

Dari bahasanya, mudah dikenali bahwa Samara berasa dari Bahasa Arab yakni Sakinah, Mawaddah wa (dan) Rahmah.

Sakinah

Sakinah dalam bahasa Arab berarti tenang dan tentram. Kedua pasangan suami-istri diharapkan mendapatkan ketenangan dalam pernikahan mereka. Saling menentramkan jiwa dan menjadikan rumah sebagai tempat ternyaman untuk melepas lelah dari kepenatan luar.

Mawaddah

Mawaddah bisa diartikan sebagai sebuah cinta. Cinta secara umum, cinta antara dua manuasia di dunia yang saling mengasihi. Setelah mencapai sakinah, maka pasangan suami istri ini diharapkan  dapat menumbuhkan dan mengembangkan cinta antara keduanya. Dengan memenuhi rumah dengan cinta maka anak-anak yang tumbuh disana pun kelak akan menjadi anak yang penuh kebahagiaan.

Wa Rahmah

Rahmah memiliki tingkatan yang lebih tinggi lagi, jika mawaddah merupakan cinta secara fisik dan duniawi, maka Rahmah merupakan kasih yang tercipta karena iman. Pada tingkatan ini menikah atau berumah tangga bukan lagi hanya persoalan duniawi dan nafsu belaka namun sudah mencakup keimanan bersama. Jika sebuah rumah tangga sudah mencapai Rahmah ini maka persoalan rumah tangga seberat apapun akan bisa dilewati bersama, karena keimanan sudah menjadi pondasi dalam rumah tangga.

 

Dengan mengerti arti dari Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah  ini semoga kita makin ikhlas dan tulus dalam mendoakan calon mempelai, jadi bukan lagi basa-basi yang kita sendiri tidak tau artinya,hehe

Dan pastinya setelah JATUH cinta mari kita  BANGUN keluarga yang Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah :D

Sumber foto: kaskus.co.id

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>