Gaya hidup sebelum dan setelah menikah pastinya sangat berbeda. Sebelum menikah, hasil keringatmu setelah bekerja mungkin hanya akan dinikmati olehmu atau mungkin orangtuamu. Namun setelah menikah, kamu harus berbagi hasil keringat dengan suami/istri dan anak-anakmu. Selain itu, dalam masa-masa sebelum menikah, kamu mungkin lebih bebas bepergian atau melakukan aktivitas-aktivitas yang memang ingin kamu lakukan. Setelah menikah, kamu akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari sekedar jalan-jalan atau pergi bersama teman-teman, karena kamu mempunyai keluarga yang menjadi fokus perhatianmu serta menjadi alasanmu untuk bekerja.

Agar tidak merasa terlalu berat dengan perubahan gaya hidupmu setelah menikah, ada beberapa hal yang harus terbiasa kamu lakukan sebagai latihan.

 

1. Bangun pagi

Image: pixabay.com

Image: pixabay.com

Sebelum menikah, kamu mungkin lebih bebas ingin bangun jam berapa jika hari itu kamu memang tidak perlu berangkat kerja di pagi hari. Namun, kebiasaan tersebut, mau tidak mau, harus diubah setelah menikah. Selain karena kamu harus selalu bangun pagi untuk bekerja, kamu juga harus berusaha menjadi teladan yang baik bagi keturunanmu dengan membiasakan diri bangun pagi.

 

2. Mengatur keuangan

Image: pexels.com

Image: pexels.com

Hal yang sangat penting dalam sebuah keluarga adalah pengaturan keuangan yang baik. Mengingat bahwa hasil keringatmu akan dibagi dengan keluargamu, maka kamu harus membiasakan diri untuk mengatur keuanganmu sebelum menikah.

Kamu bisa memulainya dengan membuat agenda keuangan sederhana. Tuliskan berapa uang yang masuk dan keluar setiap bulan. Catatan sederhana ini akan membantumu mengontrol diri untuk tidak menghabiskan uang untuk hal-hal yang ternyata tidak terlalu penting, sehingga kamu dapat mengutamakan hal-hal yang merupakan prioritas.

 

3. Belanja bersama

Image: pexels.com

Image: pexels.com

Saat kamu dan pasangan telah yakin untuk membangun rumah tangga, sebaiknya kalian juga membiasakan diri untuk belanja bersama. Dengan belanja bersama, pasangan calon suami istri akan terbiasa untuk saling mengontrol apa yang perlu dibelanjakan. Mengontrol di sini bukan berarti seseorang membatasi dengan ketat apa yang ingin dibelanjakan pasangannya. Saling mengontrol kegiatan belanja dilakukan agar keduanya dapat saling mengingatkan untuk tidak membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

 

4. Bercerita dengan pasangan agar saling mengerti tujuan hidup

Image: pixabay.com

Image: pixabay.com

Memahami tujuan hidup pasangan adalah hal yang sangat penting dalam membangun rumah tangga. Sebelum menikah, sebaiknya biasakan dirimu untuk berbagi cerita bersama pasanganmu. Pahami tujuan hidup masing-masing agar kalian bisa berjuang bersama untuk membangun rumah tangga sesuai dengan tujuan kalian.

 

5. Jalan-jalan

Image: pexels.com

Image: pexels.com

Jalan-jalan bersama pasangan memang salah satu hal yang penting dilakukan sebelum kalian menjalani hubungan yang lebih serius. Dengan jalan-jalan berdua, kalian akan belajar banyak hal tentang kepribadian masing-masing dari waktu yang kalian habiskan bersama. Lagipula, waktu untuk berjalan-jalan akan menjadi lebih terbatas ketika kalian sudah menikah nanti.

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *