garden2

Banyak orang-orang tua yang bilang kalau usia nikah itu ya antara 25 – 30 tahun. Rata-rata usi 25 tahun untuk wanita dan 27-30 tahun buat si pria. Nikah muda sebisa mungkin dihindari. Bahkan BKKBN pun juga menganjurkan warga negara Indonesia untuk tidak menikah muda. Namun sebenarnya sobat, ada beberapa alasan yang bisa membuat tidak takut lagi untuk menikah muda.

1. Bisa membuat kamu lebih bahagia

Sebuah penelitian di Amerika menunjukan bahwa orang berusia 20-28 tahun memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi daripada mereka yang belum menikah. Mereka rata-rata merasa puas dan bahagia dengan pernikahan yang dijalani.

2. Lebih cepat kaya

Orang-orang tua zaman dulu pernah bilang gini, “setelah menikah nanti, Tuhan pasti akan membuka kran rejekinya”. Ungkapan itu memang benar sobat. Sudah banyak cerita mereka yang menikah mdua kemudia menjadi kaya karena usahanya tambah sukses. Penelitian di Amerika juga begitu sobat. Orang yang menikah di usia 20 -28 tahun memiliki pendapatan yang lebih tinggi daripada mereka di usia sama yang belum menikah.

3. Kehidupan seksual yang lebih

Pada tahun 2011, Dana Rotz, seorang peneliti dari Harvard mengungkapkan bahwa pasangan yang menikah di usia 20-an akan memiliki hubungan seksual yang lebih baik dibandingkan mereka yang menikah lebih lama. Dalam penelitian yang sama juga terungkap bahwa penundaan pernikahan selama 4 tahun akan mengurangi frekuensi hubungan seksual pasangan itu sebanyak 1 kali tiap bulannya.

4. Tobat dari kehidupan beralkohol dan rokok lebih cepat

Orang yang menikah lebih muda akan lebih cepat berhenti mengkonsumsi alkohol dan rokok sobat. Sebuah penelitian dalam  Journal of Health and Social Behavior menemukan bahwa mereka yang menikah lebih muda memiliki frekuensi konsumsi alkohol dan rokok yang lebih sedikit daripada mereka yang masih single. Hal ini ada hubungannya dengan tingkat kebahagiaan sobat. Mereka yang sudah menikah menemukan kebahagiaan lain. Sehingga tidak menyalurkannya kepada rokok dan alkohol.

5. Belajar bertanggung jawab lebih awal

Kebanyakan orang memilih untuk tidak menikah muda karena masih ingin menikmati hasil kerja mereka untuk diri sendiri. Baru awal kerja, gaji masih pengen buat senang-senang sendiri aja. Ogah ngurusin rumah tangga. Cepat atau lambat sobat tidak bisa terus lari dari kehidupan dewasa. Suatu hari, hal yang sobat hindari juga akan sobat hadapi. Menikah di usia muda akan membuat sobat lebih dewasa dan bertanggung jawab terhadap hidup. Bagaimana tidak, menikah biasanya identik dengan berhentinya sokongan finansial dari orang tua. Sobat dan pasangan harus menyiasati segala permasalahan hidup berdua.

 

Sumber foto: sapphirebluepurpleworld.wordpress.com

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>