Peta-Wisata-Yogyakarta

Setelah bulan madu menjadi ‘tekor’. ‘Tekor’ karena duitnya habis terpakai bulan madu kesana dan kemari. Sedih banget kan. Kalau sobat memang memiliki kondisi keuangan yang mapan, bulan madu kemanapun tentu tidak akan menjadi masalah. Namun jika sobat memiliki kondisi keuangan pas-pasan, tentu akan menjadi masalah.

Kali ini wemary akan berbagi tentang bulan madu ekonomantis di jogja. Ekonomantis berarti ekonomis tapi tetep romantis. Biar sobat wemary ga ‘tekor’ setelah bulan madu. Berikut wemary akan berbagi tips bulan madu di jogja yang low cost.

1. Tempat Menginap

Salah satu aspek yang penting saat berbulan madu adalah hotel tempat untuk menginap. Di Jogja banyak sekali hotel-hotel. Namun tidak semua hotel memiliki tempat yang nyaman dan fasilitas yang baik. Jika ingin menginap, wemary merekomendasikan untuk mencari tempat di kawasan Prawirotaman. Kawasan ini merupakan kawasan bule. Dengan pilihan hotel yang beragam namun tidak terlalu menguras budget. Tarif semalam disini bisa sekitar Rp. 250.000 semalam.

Kalau sobat ingin mencari yang lebih murah lagi, sobat bisa mencari hotel di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta. Kalau beruntung, sobat bisa mendapatkan hotel dengan tarif Rp. 100.000 semalam. Namun tanpa fasilitas AC.

Kalau sobat ingin menginap di tempat yang berhawa dingin, sobat bisa naik ke kawasan Gunung Merapi. Tepatnya di daerah Kaliurang. Di Kaliurang sobat dapat menyewa kamar atau menyewa villa.

2. Transportasi

Di Jogja memang terdapat banyak becak dan andong. Namun sangat tidak mungkin kan menggunakan becak dan andong untuk keliling jogja. Kami menyarankan sobat untuk menyewa kendaraan. Banyak penyedia rental mobil atau motor. Untuk sewa motor, tarifnya berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 70.000 per hari. Dan untuk sewa mobil, tarifnya antara Rp. 250.000 – Rp. 350.000 per hari. Tipsnya, kalau sobat ingin mendapatkan harga yang murah untuk sewa motor atau mobil, sobat bisa mencarinya di kawasan sekitar kampus UGM.

3. Tempat Wisata

Banyak tempat wisata di Jogja yang dapat dikunjungi. Mulai dari wisata alam (gunung dan pantai), wisata adventure, wisata belanja, wisata religi dan wisata budaya. Namun tidak semuanya berbiaya murah sobat.

Kalau sobat ingin murah, sobat bisa berkunjung ke Kraton. Di kraton tiket masuk hanya RP. 3.000 (kalau belum naik). Di Kraton, selain melihat-lihat peninggalan raja-raja jogja jaman dulu, sobat juga dapat menikmati pertunjukan seni seperti wayang dan tari-tarian. Setiap hari selalu ada pertunjukan, namun yang ditampilkan selalu berbeda setiap harinya. Sobat dapat mengunjungi website kraton untuk melihat jadwal pertunjukannya. Di sebelah kraton, sobat dapat berkunjung ke Sumur Gumuling dan Taman Sari. Lokasinya tidak jauh dari kraton. Kurang lebih 1 kilometer.

Jika sobat ingin menimati the truly of jogja, sobat bisa berkunjung ke desa-desa wisata. Lokasinya bertebaran di sekitar jogja. Sedikitnya ada 8 desa wisata yang ada di jogja. Masing-masing menyuguhkan keistimewaan tersendiri. Seperti Desa Wisata Kasongan yang merupakan pusat pengrajin gerabah. Desa Wisata Krebet yang merupakan pusat pengrajin batik kayu. Desa Wisata Tembi yang merupakan tempat untuk merasakan kehidupan ala pedesaan yang tenang, nyaman dan asri jauh dari kebisingan dan kerepotan kota. Desa Wisata tanjung, yang merupakan desa wisata pendidikan. Desa Wisata Ketingan yang merupakan tempat pelestarian burung Blekok dan Kuntul yang saat ini populasinya mulai menurun. Kotagede, tempat pengrajin perak.

4. Makan Malam Romantis

Bagian ini yang paling banyak mengeluarkan dana. Namun bagaimana lagi sobat. Sobat bisa mencari di google.com untuk mendapatkan referensi tempat makan malam romantis di Jogja. Banyak kok tempat yang menyuguhkan suasana jawa, eropa ataupun timur tengah. Sobat tinggal pilih.

Kalau bisa, cari dulu informasinya sebelum berkunjung. Tanya dulu ke beberapa forum. Biar sobat engga tersesat dan tertipu dijogja.

Happy honeymoon sobat.

Sumber foto vemale.com

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *