Pernikahan adalah hal yang sangat dinanti dalam setiap perjalanan hidup manusia. Menikah artinya memulai kehidupan yang baru, yaitu dengan pasangan terkasih. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum hari-H pernikahan dan sebagian orang memilih jasa wedding organizer untuk mengatur atribut dan prosesi pernikahan. Namun, biaya untuk sewa wedding organizer tidak sedikit. Teruntuk anda, yang ingin hemat dan memilih menikah tanpa jasa wedding organizer, ini tipsnya!

1. Budget

Sebelum jauh membahas keperluan pernikahan lainnya, hal yang paling utama adalah budget. Anda harus tahu betul berapa budget (biaya yang dibutuhkan). Dengan menentukan budget, anda dapat memilih vendor-vendor pernikahan sesuai kemampuan anda.

 

2. Pemesanan Gedung dan dekorasi

Bagi anda yang bekerja dan mempunyai relasi banyak, tentu akan membutuhkan gedung yang lebih luas. Pilihlah gedung sesuai dengan kapasitas undangan. Jika anda memilih gedung ternama, maka anda harus memesan jauh-jauh waktu (katakanlah, 3-4 bulan sebelum hari-H pernikahan) itu karena gedung ternama biasanya memiliki jadwal sewa yang padat. Anda juga dapat memilih gedung dengan kapasitas medium untuk tamu dibawah 300 undangan.

Jika memesan dekorasi, sesuaikan dengan tema pernikahan. Sebagai contoh pernikahan tradisional Jogja biasanya menggunakan dekorasi berlatar kayu lalu diberi pemanis bunga-bunga triwarna (mawar, lily, lavender). Sekali lagi, pilihlah gedung sesuai dengan kapasitas undangan dan budget yang anda miliki, pilihlah dekorasi sesuai tema pernikahan anda.

 

3. Undangan Pernikahan

Karena sifat undangan adalah sekali baca lalu tidak terpakai, anda boleh memesan undangan dengan desain unik nan cantik, agar meninggalkan kesan bagi si penerima. Namun, jika anda tidak ingin membuang banyak uang untuk itu, membuat undangan dengan desain biasa lalu dicetak non glossy/dove juga tidak masalah. Anda juga dapat memanfaatkan jasa undangan online, seperti wemary.com sehingga teman-teman anda dapat menerima kabar bahagia anda secara praktis. Tentu anda tidak kerepotan mengantar undangan cetak.

 

4. Souvenir

Berbeda dengan undangan, souvenir adalah simbol “kenang-kenangan” dari si pengantin. Maka, pilihlah souvenir yang simple, menarik, dan akan lebih baik lagi memiliki daya guna seperti ; gelas, cangkir, kipas tangan, satu set sendok & garpu, dll. Pemilihan souvenir juga harus disesuaikan dengan budget.

 

5. Catering

Ingatlah, bahwa mayoritas orang menilai keberhasilan pernikahan dari “enak/tidak enaknya” jamuan makanan. Maka, memilih catering yang bagus juga sangat penting. Pastikan catering yang anda pilih memiliki masakan dengan citarasa lezat. Anda bisa meminta sample makanan sebelum benar-benar memesan. Komunikasikan kebutuhan catering dengan pengelola, agar tidak terjadi salah komunikasi seperti ; makanan yang disajikan hampir basi, telatnya respon petugas catering dengan makanan yang habis, dll. Jangan lupa, bahwa penghitungan catering adalah 80% dari tamu undangan, tidak dihitung 100%. Karena tidak semua tamu undangan akan datang.

 

6. Perias dan kebaya

Jika anda memiliki budget yang tidak banyak, pilihlah jasa perias yang menyediakan penyewaan kebaya.  Biasanya perias akan menawarkan paket pernikahan berupa ; rias pengantin + orangtua kedua mempelai, rias among tamu (penerima tamu), rias penjaga buku tamu, prosesi adat lengkap, kebaya. Jika anda mengambil paket, harga yang ditawarkan akan lebih murah. Berbeda lagi jika anda memesan kebaya pernikahan di butik, atau menjahit kebaya di vendor tertentu lalu anda juga memilih perias dan pengurus prosesi pernikahan dengan orang yang berbeda-beda, maka biaya yang dikeluarkan juga akan lebih banyak.

 

Nah, itu tadi cara mengatur pernikahan tanpa wedding organizer, mudah bukan?

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *