Setiap pernikahan pasti akan dipersiapkan sangat baik oleh para pasangan pengantin. Mulai dari persiapan dekorasi, catering, desain undangan, dan kebaya. Kebaya merupakan bagian terpenting dari sebuah pernikahan, karena keindahan kebaya pegantin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu undangan. Pemilihan kebaya kadang terasa gampang-gampang susah, apalagi kalau si calon pengantin mempunyai tubuh yang curvy alias berisi. Terkadang pegantin yang bertubuh curvy tidak tahu jenis kebaya apa yang pas dikenakan. Nah, apa saja tips memilih kebaya untuk calon pegantin bertubuh curvy?

1. Wanita dengan pinggul lebih besar daripada bahu

Dalam istilah bentuk tubuh ada macam-macamnya seperti bentuk gitar/boyish, apel, pear. Wanita yang memiliki pinggul lebih besar daripada bahu disebut tipe pear. Pemilihan kebaya yang pas untuk tipe tubuh ini adalah kebaya yang panjangnya tidak melebihi garis pinggul. Karena, jika kebaya dibuat melebihi garis pinggul maka tubuh dan pinggul akan kelihatan menonjol. Lebih baik kebaya dibuat panjangnya sedikit saja dari garis pinggul. Memakai kebaya tipe apapun baik kutubaru, encim, dll tetap tidak disarankan melebihi garis pinggul. Kemudian untuk pemilihan warna, warna atasan yang pas dibuat lebih terang, dan warna bawahan dibuat lebih gelap.

www.hipwee.com

www.hipwee.com

2. Wanita dengan bahu lebih besar daripada pinggul

photo credit: vemale.com

photo credit: vemale.com

Wanita dengan tipe tubuh ini disebut tipe apel. Tipe apel justru disarankan untuk memakai kebaya panjang melebihi garis pinggul agar tubuh terlihat seimbang. Jika kebaya dan kain bawahan berbeda warna, maka warna kebaya harus lebih tua/gelap dari kain bawahan. Namun, jika warna kebaya dan bawahan mempunyai warna senada, maka diusahakan warna atasan sedikit lebih gelap dari warna bawahan.

3. Wanita dengan tipe tubuh tinggi besar

Kebaya yang disarankan adalah klasik kartini, lalu diusahakan jangan memakai kebaya sepanjang paha karena akan memperlihatkan tubuh bertambah besar. Lebih baik memakai kebaya dibawah pinggul atau sepinggul saja. Hindari payet, kerut, atau aksesori tambahan lainnya dibagian perut. Jika memilih kebaya modifikasi model off shoulder sangat disarankan, begitu juga dengan modifikasi bagian punggung yang sedikit terbuka.

www.pakaians.com/kebaya-anne-avantie

www.pakaians.com/kebaya-anne-avantie

4. Wanita dengan tipe tubuh pendek berisi/mungil

Wanita dengan tipe tubuh ini akan sangat cocok memakai kebaya tipe kutubaru dengan panjang sepinggul. Lalu untuk bagian lengan tidak direkomendasikan untuk menambah variasi model kebaya, karena menambah kesan lengan menjadi tebal. Untuk pemilihan warna sebaiknya memilih warna beigie, cream,atau tanah. Kemudian jika ingin menggunakan kebaya modifikasi, pilihlah yang menonjolkan bagian bahu dan leher agar tubuh terlihat lebih jenjang. Penggunaan hak tinggi / high heels juga disarankan untuk menambah kesan ramping.

hipwee. source @kebaya_inspiration via instagram

hipwee. source @inspirasi_kebaya via instagram

 

Nah, itu tadi tips untuk kebaya wanita bertubuh curvy, anda yang bertubuh curvy tidak perlu bingung lagi, sekarang sudah saatnya menentukan kebaya yang pas sesuai tubuh curvy-mu agar semakin cantik di hari special nanti.

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>