Image: pixabay

Image: pixabay

Persiapan pernikahan merupakan hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebaik mungkin. Salah satu bentuk persiapan yang tidak boleh terburu-buru ditentukan adalah tanggal pernikahan. Jika kamu ingin resepsi pernikahanmu berjalan sesuai harapan, kamu harus memperhatikan beberapa hal  untuk menentukan tanggal pernikahan.

 

Pilih waktu saat kamu dan pasanganmu tidak sibuk

Saat kamu ingin memilih tanggal pernikahan, kamu harus memastikan bahwa kamu dan pasanganmu tidak sibuk di hari itu. Jika kamu memiliki pekerjaan yang terikat dengan lembaga atau perusahaan tertentu, misalnya karyawan kantoran, kamu harus memastikan bahwa waktu pernikahanmu tidak jatuh pada tanggal di mana proyek besar kantor sedang membutuhkanmu. Hal ini akan membantumu untuk lebih berkonsentrasi pada pelaksanaan hari istimewamu. Tentu saja pertimbangan yang sama harus dipikirkan jika yang bekerja sebagai karyawan kantor adalah pasanganmu.

 

Hindari hari libur nasional

Hari biasa atau hari libur memang menjadi salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang dalam penentuan tanggal pernikahan. Waktu liburan memang jadi waktu yang tepat untuk melaksanakan resepsi pernikahan. Namun, kamu harus tetap mempertimbangkan waktu liburan yang dimaksud. Jika kamu memutuskan untuk menikah di hari Natal, mungkin teman-temanmu yang beragama Kristen tidak akan hadir ke pernikahanmu karena mereka sedang berkumpul bersama keluarga. Jika kamu menikah pada saat libur puasa, teman-temanmu yang sedang berpuasa mungkin akan merasa terasingkan, terutama saat sesi makan berlangsung. Oleh karena itu, carilah waktu di mana menurutmu sebagian besar undangan akan hadir. Kamu bebas memilih antara hari libur atau hari biasa.

d

 

Hindari musim hujan

Jika kamu berencana untuk melangsungkan pernikahan outdoor, hal utama yang harus kamu pertimbangkan adalah cuaca. Jika saat itu musim hujan, sebaiknya lakukan pernikahan di dalam ruangan. Tetapi jika kamu memang ingin pernikahanmu dilaksanakan di luar ruangan, sebaiknya kamu memilih bulan pernikahan dengan potensi hujan yang rendah.

 

Diskusi dengan kedua pihak keluarga

Jika ingin pernikahanmu berjalan dengan lancar, kamu dan pasanganmu pasti membutuhkan masukan-masukan dari orang lain, terutama keluarga. Berdiskusilah dengan keluargamu dan keluarga pasanganmu. Minta pendapat mereka tentang tanggal pernikahan kalian. Jangan sampai keluargamu atau keluarga pasanganmu tidak bisa hadir saat pernikahanmu berlangsung.

 

Menyesuaikan persiapan waktu pernikahan

Pernikahan bukanlah hal main-main. Pernikahan adalah awal dirimu membuka lembaran hidup baru. Oleh karena itu, persiapan pernikahan tidak boleh dipandang sebelah mata. Saat menentukan tanggal pernikahan, kamu harus memastikan bahwa waktumu menuju tanggal tersebut cukup untuk mempersiapkan semua yang kamu perlukan. Jangan sampai kamu terburu-buru saat melakukan persiapan yang akhirnya membuat acara pernikahanmu tidak berjalan sesuai rencana.

 

Pilih tanggal yang berkesan

Jika kamu ingin tanggal pernikahanmu mudah diingat, pilihlah tanggal yang berkesan. Kamu dan pasanganmu bisa memutuskan untuk menikah di hari Valentin, hari yang sama dengan tanggal jadian kalian, atau hari-hari lain yang menurut kalian berkesan.

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *