Gambar via Planaweddingnow.com

Gambar via Planaweddingnow.com

 

Blog Wemary – Saat musim resepsi pernikahan datang, banyak yang akan bertanya “Berapa uang yang seharusnya saya keluarkan untuk membeli kado pernikahan?” Pertanyaan sederhana namun susah untuk dijawabnya. Karena sangat subjektif sekali.

Seperti kebanyakan orang, kita sendiripun juga tidak tahu berapa uang yang seharusnya dikeluarkan untuk membeli satu kado pernikahan. Karena untuk menentukan secara nominal kado yang harus diberikan kepada pasangan pengantin itu tidak mudah. Nominalnya akan sangat tergantung pada anggaran yang kita miliki dan kedekatan hubungan kamu dengan pengantin atau orang tua pengantin. Umumnya, semua orang akan memberi nominal yang lebih banyak (kado yang lebih mahal) pada pengantin yang memiliki hubungan dekat. Contohnya seperti teman dekat sejak smp, kuliah atau saat kerja. Dan untuk yang tidak terlalu dekat, cukup memberikan nominal kado di ambang batas minimal sudah cukup. Namun ambang batas minimal sangat bervariatif, tergantung daerah.

Menariknya, ada satu mitos yang beredar. Mitos tersebut mengatakan bahwa nilai minimal kado (nominal kado) yang diberikan adalah sebesar nilai yang dikeluarkan pengantin untuk biaya catering dan entetaintment per tamu undangan. Namun mitos seperti ini pun tidak dapat diklarifikasi kebenarannya. Sebenarnya yang lebih bijak adalah memberikan kado (hadiah) yang sesuai dengan apa yang diharapkan pengantin. Dan yang terpenting adalah nilainya tidak melebihi kemampun kita sebagai pemberi hadiah. Jangan kado yang kamu berikan melebihi kemampuan keuangan kamu.

 

 

Tulisan ini disadur dari sebuah artikel di HuffingtonPost. Tulisan yang asli dapat kamu lihat di sini.

Written by wemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>